• 29
  • Oct
  • 0
Author

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA, PENCEGAHAN KECELAKAAN DAN RUDAPAKSA

1. Kegiatan Pembinaan Kesehatan kerja Formal (GP2SP)

E:\gp2sp\CIMG0125.JPG GP2SP adalah Merupakan upaya dari Pemerintah, masyarakat maupun pengusaha untuk menggalang kesadaran dan peran guna meningkatkan kepedulian dalam upaya memperbaiki kesehatan pekerja perempuan sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Program ini harus diterapkan di pabrik-pabrik guna perbaikan kesehatan dan kualitas hidup para wanita pekerja.

Pembinaan GP2SP dilaksanakan di Perusahaan PT. IKKP Kecamatan Kragilan dan PT. PWI Kecamatan Kibin.

D:\2018\foto 2018\IMG20171212124000.jpg

  1. Pembinaan Kesehatan Kerja non Formal (Pos UKK)

Setiap jenis dan tempat pekerjaan baik pada pekerja formal maupun informal memiliki risiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Pada umumnya, para pekerja sektor informal kurang memiliki kesadaran dan pengetahuan tentang bahaya di lingkungan kerjanya.

Selain masalah gizi, penyakit tidak menular, dan penyakit menular, para pekerja informal juga memiliki risiko keselamatan dan kesehatan terkait pekerjaannya yang dapat mengganggu produktifitas mereka seperti kondisi lingkungan kerja yang berbahaya, masalah kesehatan seperti gangguan otot rangka, gangguan mata dan gangguan kesehatan kulit. Para pekerja informal terpapar potensi bahaya pekerjaan dengan kecenderungan tidak ada badan usaha ataupun pemilik yang secara langsung bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan kerja mereka terutama yang berhubungan dengan berbagai penyakit dan gangguan akibat kesehatan dan kecelakaan kerja.

  1. Pembinaan Kesehatan Kerja Perkantoran (Streching/ peregangan di tempat kerja)

Upaya kesehatan olahraga adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan latihan fisik atau olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat. Upaya kesehatan olah raga memanfaatkan aktifitas fisik atau olahraga dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani. Ada 3 kegiatan utama yang menjadi target program kesehatan olahraga yaitu mendorong aktifitas fisik, latihan fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur. Adapun tujuan senam peregangan di tempat kerja adalah: Meningkatkan derajat, kesehatan yang optimal, Meningkatkan kebugaran jasmani, Meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja, Mengurangi stress akibat kerja dan stress di lingkungan kerja, Membudayakan latihan fisik dan olahraga sebagai gaya hidup sehari- D:\2017\GU DAN TU SEKSI RUJUKAN\TU KESJA OR\foto keg. ke sorga susi\IMG-20170306-WA0018.jpg hari.

Avatar
radenmasmaksum

Leave a Comment